PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2016/2017

AINI, ZOHRATUL (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN FAKTORISASI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2015/2016, ditemukan beberapa fakta, yaitu secara umum guru menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi. Sebagian besar siswa yang memperhatikan materi yang dijelaskan guru adalah siswa yang duduk di bangku barisan depan sampai barisan tengah. Apabila guru mengajukan pertanyaan, hanya beberapa orang yang aktif menjawab pertanyaan guru dan mengeluarkan pendapat. Untuk memperbaiki hal-hal tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan faktorisasi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 15,14 yang berkategori cukup aktif dan pada siklus II dengan rata-rata 19,13 yang berkategori aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 74,14 dan 84,60 dengan masing-masing ketuntasan belajar yang dicapai adalah 60,00% dan 89,47%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), faktorisasi aljabar, aktivitas belajar, dan hasil belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:21
Last Modified: 13 Jul 2018 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5635

Actions (login required)

View Item View Item