PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU PADA PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RUSDIANA, RAHMAWATI (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU PADA PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAWATI RUSDIANA E1R113060 P MATEMATIKA FKIP UNRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Narmada pada pembelajaran materi fungsi tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapan tiap siklusnya yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif serta prestasi belajar matematika siswa dikatakan meningkat apabila siswa mencapai ketuntasan secara klasikal lebih dari atau sama dengan 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 12,33 dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II adalah 17,17 dengan kategori sangat aktif. Demikian juga pada peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal masing-masing siklus. Siklus I dengan ketuntasan klasikal 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 85%. Dengan demikian, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu pada pembelajaran fungsi secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Narmada tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:20
Last Modified: 13 Jul 2018 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5652

Actions (login required)

View Item View Item