MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN 14 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AENI, MIFTAHUL (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN 14 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL AENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

aktif dalam proses pembelajaran kurang, proses pembelajaran masih bersifat satu arah, serta siswa hanya memperoleh ilmu dari buku pegangan masing-masing tanpa adanya bantuan dari sumber belajar lain seperti lingkungan sekitar, hal ini tentu akan berdampak pada kurangnya partisipasi siswa dalam proses memperoleh ilmu pengetahuan serta hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di kelas III SDN 14 Cakranegara dengan menerapkan Permainan Tebak Gambar dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengamatan/observasi untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa, tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I, ketuntasan hasil belajar mencapai 79,48%, pada siklus II, yakni ketuntasan hasil belajar mencapai 89,74%. Disimpulkan bahwa penerapan Permainan Tebak Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 14 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan Tebak Gamgar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:16
Last Modified: 30 Aug 2017 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item