PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KELAS VII-B SEMESTER 1 DI SMPN 1 LABUHAN HAJI

YUSRIANA, DESI (2010) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KELAS VII-B SEMESTER 1 DI SMPN 1 LABUHAN HAJI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5.doc
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VII-B melalui penerapan metode Cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Labuhan Haji sebanyak 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Selanjutnya data-data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila aktivitas guru dalam penerapan metode Cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) telah mencapai minimal 90% dan keaktifan siswa ditunjukkan dengan persentase minimal 70% dalam kategori “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama aktivitas guru dan keaktifan siswa belum mencapai target yang telah ditentukan. Aktivitas guru pada siklus pertama baru mencapai 83% kemudian meningkat pada siklus kedua menjadi 100%. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus pertama mencapai 66% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Labuhan Haji dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Cooperative Learning model Numbered Heads Together (NHT) dan keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:18
Last Modified: 13 Jul 2018 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item