PENGARUH MOTIVASI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PROFESIONALNYA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN NARMADA, KABUPATEN LOMBOK BARAT.

KAMALUDDIN, KAMALUDDIN (2010) PENGARUH MOTIVASI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PROFESIONALNYA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN NARMADA, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AA JADI..rtf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah; (a) Gambaran tentang tingkat motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya di Madarasah Aliyah Se-Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, (b) Gambaran tentang tingkat kualitas pembelajaran di Madarasah Aliyah Se-Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, (c) Pengaruh motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (a) Tingkat motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya di Madarasah Aliyah Se-Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, (b) Tingkat kualitas pembelajaran di Madarasah Aliyah Se-Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, (c) Pengaruh motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya terhadap kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menjawab masalah dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data angket yang disebarkan kepada guru Madrasah Aliyah se-Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 60 orang. Uji statistik menggunakan uji analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya termasuk ke dalam kategori tinggi (16,66%), sedang (60%), dan rendah (23,33%). Kualitas pembelajaran termasuk ke dalam kategori tinggi (18,33%), rendah (65%), dan rendah (16,66%). Uji statistik menggunaka uji analisis regresi sederhana menunjukkan hasil terdapat kontribusi sebesar 57.6 % dari pengaruh motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya terhadap kualitas pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan. Tingkat motivasi guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya tergolong ke dalam kategori sedang, tingkat kualitas pembelajaran tergolong ke dalam kategori sedang. Terdapat kontribusi dari pengaruh semangat guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya terhadap kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi guru dan kualitas pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:16
Last Modified: 13 Jul 2018 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item View Item