MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI OPTIMALISASI METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS I.3 MTS AL-AZIZIAH PUTRI GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2009/2010

ANGGRIYANJANI, DEWI (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI OPTIMALISASI METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS I.3 MTS AL-AZIZIAH PUTRI GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-aziziah putri Gunung Sari dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan optimalisasi metode bermain peran di kelas I.3 MTs. Al-Aziziah putri tahun ajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas I.3 MTs. Al-Aziziah putri sebanyak 30 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat (4) tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi. Data optimalisasi penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa akan dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dimana data tersebut akan dilihat dari aktivitas guru dalam mengoptimalisasikan atau mengimplementasikan metode.bermain peran dan data motivasi belajar siswa akan dilihat dari tingkah laku serta semua kegiatan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya data- data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila aktivitas guru dalam mengoptimalisasikan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn mencapai porsentase 85%, dan untuk motivasi belajar siswa dilihat dari tingkah laku dan semua kegiatan belajar siswa berkatagori termotivasi. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I aktivitas guru dan siswa belum berhasil mencapai 85% yaitu baru mencapai 74,99% dan motivasi belajar siswa berkatagori kurang termotivasi, begitu juga pada siklus II aktivitas guru mencapai 83,31% dan motivasi belajar siswa berkatagori cukup termotivasi, pada siklus II belum tercapai. Pada siklus III aktivitas guru dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 91,64% dan motivasi belajar siswa berkatagori termotivasi. Karena tindakan telah mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan maka tindakan dapat dihentikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui optimalisasi metode bermain peran pada mata pelajaran PKn di kelas I.3 MTs. Al-Aziziah putri tahun ajaran 2009/2010 dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Bermain Peran, Aktivitas Guru Selama Proses Pembelajaran, Dan Motivasi Belajar Siswa (DEWI ANGGRIYANJANI, 2010)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:15
Last Modified: 13 Jul 2018 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5717

Actions (login required)

View Item View Item