MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII-F SMPN 11 MATARAM MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATA PELAJARAN PKn

HANDAYA, SRI PUJI (2013) MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII-F SMPN 11 MATARAM MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA MATA PELAJARAN PKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII-F SMP Negeri 11 Mataram melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 11 Mataram yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus dan satu siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumenter, observasi/pengamatan, tes tertulis, dan wawancara. Data perencanaan pembelajaran berupa perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan dokumenter. Data kualitas proses pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan dengan cara memberikan tanda check list yang disertai dengan dua option yaitu option ya dan option tidak serta peneliti melakukan wawancara kepada guru dan siswa terkait proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Wawancara tersebut dilakukan untuk memaknai peristiwa dalam proses pembelajaran. Wawancara dilakukan untuk mengungkap “kemengapaan” dari perilaku guru dalam pembelajaran dan siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dan nilai terendah. Hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah penerapan metode Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) dikatakan berhasil apabila telah mencapai ≥85% dari 39 deskriptor. Sedangkan indikator kinerja variabel harapan hasil belajar dikatakan berhasil apabila ≥85% dari jumlah keseluruhan siswa mendapatkan nilai ≥75. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) sebagai variabel tindakan bahwa pada siklus I indikator kinerja variabel tindakan tercapai sebesar 79,49%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 100%. Jumlah ini telah melampui kriteria indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar ≥85%. Data hasil belajar kognitif siswa sebagai variabel harapan dengan KKM 75 pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas VIII-F sebesar 69,42 dan terdapat 16 orang (53,33%) dari 30 orang siswa yang mampu mencapai indikator kinerja yang ditentukan ≥75. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas VIII-F sebesar 89,91 dan terdapat 28 orang (93,33%) dari 30 orang siswa mampu mencapai indikator kinerja yang ditentukan ≥75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII-F SMPN 11 Mataram pada mata pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kualitas Proses, Hasil Belajar Kognitif, Metode Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 03:42
Last Modified: 13 Jul 2018 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item