PENGEMBANGAN BAHASA LISAN MELALUI METODE BERNYANYI DI KELOMPOK B TK PARIRI MURA BARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

B A H J A, B A H J A (2018) PENGEMBANGAN BAHASA LISAN MELALUI METODE BERNYANYI DI KELOMPOK B TK PARIRI MURA BARU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL 1.docx

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kemampuan bahasa lisan anak kelompok B TK Pariri Mura Baru. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah pengembangan bahasa lisan melalui metode bernyanyi di kelompok B TK Pariri Mura Baru Tahun Pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahasa lisan melalui metode bernyanyi di kelompok B TK Pariri Mura Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode kualitatif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode bernyanyi dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1a) Guru mengetahui dengan jelas tema/materi yang akan diajarkan, b) menyiapkan buku kumpulan lagu anak-anak, c) Guru mempraktikkan terlebih dahulu dengan menyanyikan beberapa lagu dan di waktu mengajarkan lagu tersebut guru bisa dibantu dengan alat bantu pembelajaran seperti TV, CD/DVD, d) Mendemonstrasikan lagu bersama–sama secara berulang–ulang, e) Guru mengajak anak didik bernyanyi dengan diikuti oleh gerak tubuh yang sesuai, d) Mengajukan pertanyaan seputar materi tersebut untuk mengukur apakah, anak sudah dapat menghafal dan menguasai melalui lagu yang diajarkan tersebut tersebut, e) Mengevaluasi bahasa lisan anak melalui metode bernyanyi dan f) Refleksi kegiatan pembelajaran. Adapun persentase perkembangan kemampuan bahasa lisan anak adalah sebagai berikut: pada tahap pengembangan I adalah 50,21%, dan meningkat pada tahap pengembangan II menjadi 65.36%. Pada tahap pengembangan III skor nilai rata-rata yang di peroleh anak sebesar 82.43%. Dengan demikian dapat disimpulkan apabila metode bernyanyi dilakukan dengan benar dan optimal maka dapat meningkatkan perkembangan bahasa lisan anak kelompok B TK Pariri Mura Baru Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: bahasa lisan, metode bernyanyi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:00
Last Modified: 14 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5791

Actions (login required)

View Item View Item