PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL MORAL REASONING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VII B SEMESTER II MTs NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

APRIANI, NURUL (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL MORAL REASONING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VII B SEMESTER II MTs NEGERI 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1.doc
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pembelajaran model Moral Reasoning dengan diskusi dilema moral. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB semester II MTs Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 38 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Data pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan penerapan pembelajaran model Moral Reasoning dengan diskusi dilema moral dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data kemampuan berpikir kritis siswa secara kelompok dikumpulkan melalui makalah hasil diskusi kelompok dengan rubrik penilaian dan data kemampuan berpikir kritis siswa secara individu dikumpulkan melalui tes essay pada setiap akhir siklus. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan penerapan pembelajaran model Moral Reasoning dengan diskusi dilema moral diperoleh yakni pada siklus I sebanyak 39 deskriptor (79,6%) dan siklus II meningkat sebanyak 41 deskriptor (83,6%) dan meningkat lagi pada siklus III sebanyak 48 deskriptor (97,9%). Sedangkan data kemampuan berpikir kritis siswa secara kelompok pada siklus I belum ada kelompok yang memperoleh nilai 75 (B), semua kelompok masih memperoleh nilai <75. Pada siklus II mengalami peningkatan yakni ada 3 kelompok dari 6 kelompok yang telah memperoleh nilai ≥75. Pada siklus III juga mengalami peningkatan yakni ada 5 kelompok dari 6 kelompok yang memperoleh nilai ≥75. Sedangkan data kemampuan berpikir kritis siswa secara individu dengan KKM 70, pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 21 orang siswa (55,6%), pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 28 orang siswa (73,68%), dan pada siklus III meningkat lagi yang mencapai KKM menjadi 36 orang siswa (94,7%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model Moral Reasoning dengan diskusi dilema moral dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIIB semseter II MTs Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berpikir kritis, model Moral Reasoning dengan diskusi dilema moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:00
Last Modified: 14 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item View Item