PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN MATRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ALVINA FAUZIATIN ELIYIN, ALVINA FAUZIATIN ELIYIN (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN MATRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ALVINA FAUZIATIN ELIYIN.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

2 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 2 Montong Betok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada kelas IV SDN 2 Montong Betok dengan menerapkan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan menggunakan alat peraga papan matrik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 sikklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Indikator keberhasilan peneliti dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa dari siklus I ke siklus II dimana persentase klasikal minimal mencapai 85% serta mencapai KKM yang ditetapkan yaitu ≥70, aktivitas mengajar guru berkategori baik, serta aktivitas belajar siswa yang berkategori aktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 77,41 dengan persentase katuntasan klasikal 65,62%, untuk hasil observasi aktivitas mengajar memperoleh 23 dengan kategori baik dan aktivitas belajar siswa memperoleh 25 dengan kategori aktif. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 84,06 dengn persentase ketuntasan klasikal 87,5%, dan untuk hasil observasi aktivitas mengajar guru memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik, dan ktivitas belajar siswa memperoleh skor 34 dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan menggunakan alat peraga papan matrik pada pelajaran Matematika khususnya pada materi satuan panjang dikatakan efektif dan berhasil. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan menggunakan alat peraga papan matrik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa khusunya materi satuan panjang di kelas IV SDN 2 Betok Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: Penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan menggunakan alat peraga papan matrik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:00
Last Modified: 14 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5799

Actions (login required)

View Item View Item