IMPLEMENTASI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE) TIPE YURISPRUDENSI TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU DISIPLIN DIRI SISWA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 11 MATARAM)

SOLVIANI, EVI (2015) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE) TIPE YURISPRUDENSI TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU DISIPLIN DIRI SISWA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 11 MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI OLEH EVI SOLVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Mataram dengan tujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi terhadap pengembangan disiplin diri siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 33 siswa. Kriteria subyek penelitian yakni siswa yang pernah diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi. Data implementasi penggunaan strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi dan disiplin diri siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Dimana observasi dilaksanakan oleh peneliti untuk mengetahui bentuk-bentuk implementasi strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi, bentuk-bentuk disiplin diri siswa dan dampak implementasi strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi terhadap pengembangan disiplin diri siswa . Teknik dokumentasi menggunakan RPP yang memuat strategi VCT tipe yurisprudensi, disiplin dan tata tertib siswa. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa bentuk-bentuk implementasi strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi di SMP Negeri 11 Mataram adalah melalui penggunaan studi kasus adalah Memilih : siswa telah menggunakan haknya untuk bebas memilih nilai sesuai keyakinannya, menghargai/menjunjung tinggi nilai : siswa telah menghargai dan menjunjung tinggi nilai yang telah dipilihnya dan berani mengemukakannya di depan umum dan bertindak : siswa telah bertindak sesuai dengan nilai yang dipilihnya. Bentuk-bentuk disiplin diri siswa di SMP Negeri 11 Mataram yakni disiplin belajar meliputi disiplin terhadap pemanfaatan waktu, menggunakan waktu sebaik-baiknya dan mengerjakan tugas tepat waktu, disiplin terhadap aturan pemilu, disiplin melaksanakan presentasi dengan baik dan disiplin terhadap tata tertib. Sedangkan dampak implementasi penggunaan strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi terhadap pengembangan disiplin diri siswa di SMP Negeri 11 Mataram bahwa penggunaan strategi pembelajaran VCT tipe yurisprudensi di kelas VIII F telah berdampak terhadap pengembangan disiplin diri siswa. Dari 33 orang siswa, terdapat 70 % siswa disiplin belajar, 9 % siswa disiplin dalam melaksanakan pemilu, 15 % siswa disiplin dalam melaksankan presentasi dan 6 % siswa disiplin terhadap tata tertib.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pembelajaran VCT Tipe Yurisprudensi, Disiplin Diri Siswa (EVI SOLVIANI, 2015)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:23
Last Modified: 17 Jul 2018 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item