PENGARUH METODE MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS III KECAMATAN LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURAINI, NURAINI (2018) PENGARUH METODE MODELING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS III KECAMATAN LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI NURAINI.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rata-rata hasil belajar IPA di SDN Gugus III Kecamatan Labuapi. Tujuan dari Penelitian adalah untuk mengetahui apakah metode Modeling The Way berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Labuapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group dengan bentuk pre-test – post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kovarian (anakova), kemudian didapatkan hasil perhitungan uji hipotesi dengan menggunakan analisis kovarian (Anakova) yaitu jika nilai signifikansinya ≤ 0,05 maka Ha diterima H0 di tolak. Hasil yang didapatkan dari uji hipotesis menggunakan analisis kovarian dalam penelitian ini adalah nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 ≤ 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ha nya diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Modeling The Way lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan metode Modeling The Way. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil terkoreksi yang diperoleh untuk kelas eksperimen sebesar 80,174 dan untuk kelas kontrol sebesar 73,827. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang menggunakan “metode Modeling The Way ” hasilnya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Metode Modeling The Way, Hasil Belajar IPA, Mata Pelajaran IPA di SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:23
Last Modified: 17 Jul 2018 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5866

Actions (login required)

View Item View Item