PENGARUH PENERAPAN MODEL KOMBINASI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn

Gunawan, Hendra (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOMBINASI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
lembar judul.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh impelementasi keterampilan dasar mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMPN 3 Narmada. Penelitian in merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan Non equivalent control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 23 soal yang dinyatakan valid dari 30 soal yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung adalah 2.90949. Berdasarkan hal tersebut nilai thitung (2.90949)> ttabel (1.6706) dengan DK= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 5%. Nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang menerapkan keterampilan dasar mengajar adalah 70, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang menerapkan pembelajaran seperti biasa adalah 63. Hasil analisis data dan pembahasan, menyimpulkan hasil belajar siswa PPKn yang menerapkan keterampilan dasar mengajar lebih baik daripada pembelajaran biasa. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn kelas eksperimen yang menerapkan keterampilan dasar mengajar dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran seperti biasanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil keterampilan belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:22
Last Modified: 17 Jul 2018 04:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item