KINERJA GURU PKn DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KTSP (STUDI DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 20 MATARAM)

RABIATUSSA’DIYAH, RABIATUSSA’DIYAH (2015) KINERJA GURU PKn DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KTSP (STUDI DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 20 MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RABIATUSSA'DIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru PKn dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan KTSP di SMPN 20 Mataram, hambatan yang dialami Guru PKn dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan KTSP di SMPN 20 Mataram, dan upaya yang dilakukan guru PKn untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan KTSP di SMPN 20 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan Teknik Analisis Isi (Content Analysis) yaitu: menemukan lambang/ simbol, klasifikasi data berdasarkan lambang/ simbol, prediksi/ menganalisa data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru PKn di SMP Negeri 20 Mataram sudah melaksanakan tugas dan perannya sebagai seorang guru. Terutama melaksanakan kinerjanya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan KTSP yang meliputi: merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran sudah baik, walaupun ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru, tetapi didukung juga dengan beberapa upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu bekerjasama dengan steakholders sekolah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa baik kognitif, afektif, dan psikomotor, melalui pendekatan dan metode pembelajaran yang mudah dimengerti dan disesuaikan dengan kondisi siswa, melakukan penilaian sikap, dan berbagai kegiatan yang mampu memunculkan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran seperti mengadakan remidi, pengayaan, bimbingan konseling, dan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, meningkatkan minat baca siswa dengan program wajib membaca buku (jibaku)..

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kinerja Guru, Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran berdasarkan KTSP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:22
Last Modified: 17 Jul 2018 04:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item