UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 2 LABUAPI PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN SNAWBALL THROWING

WAHID, ABDURRAHMAN (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 2 LABUAPI PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN SNAWBALL THROWING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 2 Labuapi pada Mata Pelajaran PKn melalui Penerapan Pembelajaran kombinasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Snawball Trowing. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Labuaapi yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan melalui tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Data pelaksanaan pembelajaran, keaktifan siswa dan hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan data perencanaan pembelajaran dikumpulkan melalui tehnik dokumenter. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila penerapan pembelajaran kombinasi model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Snawball Throwing mencapai ≥ 85%, sementara keaktifan siswa ≥ 85%, dan hasil belajar kognitif siswa ≥ 85%. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kombinasi model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Snawball Throwing sebagai variabel tindakan pada siklus I, indikator kinerja variabel tindakan tercapai 21 deskriptor (75,76%), pada siklus II meningkat mencapai 17 deskriptor (79,76%), kemudian pada siklus III meningkat menjadi 21 deskriptor (100%) dari 21 deskriptor. Jumlah ini telah mencapai indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar ≥85%. Mengenai keaktifan siswa, pencapaian kategori keaktifan pada siklus I 14 siswa (66,67%), ada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (80%), kemudian siklus III meningkat lagi menjadi 19 siswa (92%) 21 siswa. Sedangkan data hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan pembelajaran kombinasi model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Snawball Throwing, siswa yang mencapai kategori tuntas pada siklus I 9 siswa (44%), pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (80%), kemudian pada siklus III meningkat lagi menjadi 19 siswa (92%) dari 21 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran kombinasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Snawball Trowing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XI IPS1 SMA Negeri 2 Labuapi pada Mata Pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keaktifan, Hasil Belajar Kognitif, dan Pembelajaran Kombinasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Snawball Trowing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:21
Last Modified: 17 Jul 2018 04:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5898

Actions (login required)

View Item View Item