PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL 5E PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NW SURALAGA

Rika Wulandari, Rika Wulandari (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL 5E PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NW SURALAGA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel-RIKA WULANDARI (E1402023846).pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui karakteristik produk pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model 5E; 2) Mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model 5E dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik; dan 3) Mengetahui efektivitas penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model 5E dalam meningkatkan sikap ilmiah peserta didik. Prosedur dalam penelitian ini mengadaptasi pengembangan perangkat model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Uji coba lapangan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk data kelayakan perangkat pembelajaran, lembar observasi untuk data keterlaksanaan RPP, dan tes pilihan ganda untuk data prestasi belajar ranah kognitif peserta didik serta angket untuk data sikap ilmiah peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran, uji n-gain skor untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata prestasi belajar kognitif pada penggunaan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik model 5E. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik model 5E meliputi: 1) silabus, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 3) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), 4) angket pengamatan sikap ilmiah, dan 5) tes prestasi belajar kognitif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik model 5E yang dikembangkan disimpulkan sangat baik, baik itu Silabus, RPP, LKPD, tes prestasi belajar dan sikap ilmiah karena memenuhi kriteria sangat layak digunakan dan sangat praktis; 2) Penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model 5E efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik; 3) Penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan model 5E efektif dalam meningkatkan sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Pendekatan Saintifik, model 5E, sikap ilmiah, prestasi belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:20
Last Modified: 17 Jul 2018 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item