PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XI IPA 5 SMAN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rosmawarni, Armi (2016) PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS XI IPA 5 SMAN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA- ARMI R..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Narmada melalui penerapan model pembelajaran Portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Narmada yang berjumlah 42 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Data pelaksanaan pembelajaran siswa dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara digunakan untuk memaknai peristiwa dalam proses pembelajaran, sedangkan hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, serta metode wawancara dilakukan untuk mengungkap “kemengapaan” dari siswa yang memperoleh nilai tertinggi dan terendah berdasarkan hasil tes belajar kognitif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran Portofolio sudah sesuai dengan aturan dalam pembelajaran Portofolio, untuk hasil belajar kognitif siswa yaitu apabila 100% siswa mampu mencapai KKM ≥ 75, dan kerjasama siswa dalam berkelompok yaitu apabila 85% siswa mampu bekerjasama. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Portofolio sebagai variabel tindakan. Pada siklus I indikator kinerja variabel tindakan tercapai (87.17%), kemudian pada siklus II meningkat sebesar 100%. Hasil belajar kognitif dan kerjasama siswa sebagai variabel harapan, pada siklus I hasil belajar kognitif siswa yang tuntas sebesar 95,24% terjadi peningkatan pada siklus II meningkat sebesar 100% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 100%. Kerjasama siswa pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II meningkat mencapai 90% yang melebihi terget yang ditentukan pada indikator kinerja sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Portofolio dapat meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Kognitif siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Narmada pada mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerjasama, Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Portofolio
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:20
Last Modified: 17 Jul 2018 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item