PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN 2017/2018

NI WAYAN IKA WIDIARI, NI WAYAN IKA WIDIARI (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dikarenakan kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Cara yang ditempuh oleh peneliti untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran pair check dalam proses pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pair check terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimen Design tipe Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga bulan April 2018 di SDN 37 Cakranegara. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 37 Cakranegara. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling tipe sampling jenuh, sehingga sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV SDN 37 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji kualitas instrument dilakukan adalah Uji validitas dan Uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah melalui uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil thitung sedangkan ttabel 2,015 pada taraf kepercayaan 95% (taraf signifikansi 5%) yang berarti terdapat pengaruh antara pembelajaran menggunakan metode pair check terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 37 Cakranegara tahun 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Metode Pair Check, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:18
Last Modified: 17 Jul 2018 04:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item