PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JENGGALA KECAMATAN TANJUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

AYUANDINI, WINDA (2018) PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JENGGALA KECAMATAN TANJUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL WINDA AYUANDINI (E1E014071).pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Jenggala Kecamatan Tanjung Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Jenggala yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menerapkan metode pemberian Cooperative Script, sedangkan kelompok kontrol tanpa menerapkan metode Cooperative Script. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 15 soal. Sebelum data dihitung, instrumen diuji cobakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Setelah dilakukan penelitian selama tiga kali pertemuan, dapat diketahui rata- rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding rata-rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita kelompok control, dimana rata-rata untuk kelas eksperimen yaitu 77 dan rata-rata untuk kelas kontrol yaitu 68,17. Kemudian dilakukan perhitungan uji hipotesis terhadap selisih nilai pretest dan posttest, sehingga diperoleh thitung = 2,107 dan ttabel = 2,017, oleh karena thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penerapan metode Cooperative Script memberikan pengaruh terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita pada siswa kela V SDN 2 Jenggala Kecamatan Tanjung Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Script dan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:03
Last Modified: 17 Jul 2018 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item