MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERCERITA DI RA.DARUSSALAM KEKALIK GERISAK AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011

ASTUTI, HASTRI (2010) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERCERITA DI RA.DARUSSALAM KEKALIK GERISAK AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2010-2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hastri Astuti _file skripsi_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita Di RA.Darussalam Gerisak Kekalik Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011”. Dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di RA Darussalam Gerisak Kekalik Ampenan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana cara mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui bercerita Di RA Darussalam Gerisak Kekalik Ampenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun Di Ra.Darussalam gerisak Kekalik Ampenan tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pelaksanaannya terdiri dari dua tahap pengembangan dan setiap tahap terdiri atas tiga kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif dan disajiikan dalam bentuk tabel dan narasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan perkembangan mulai dari pijakan awal sampai pijakan akhir, tahap pengembang I dan pada tahap pengembangan II, proses ditunjukan dengan hampir semua indikator telah dilaksanakan oleh semua anak dengan baik. Faktor yang mempengaruhi kenaikan dari setiap aspek adalah: anak sudah dapat meyimak cerita dengan baik dari awal sampai akhir cerita, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru, dapat membaca melalui gambar, dapat menulis huruf secara berulang-ulang dan dapat menceritakan kembali isi cerita yang telah disampaikan guru secara sederhana dan siswa yang tidak bisa menulis huruf dan namanya sendiri secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang cerita pendek secara sederhana dan mencerita kembali isi cerita secara sederhana. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari anak dapat melakukan dari tahap pengembangan I ke tahap pengembangan II dapat meningkat dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): 1. Mengembangkan, 2. Kemampuan Bahasa, 3. Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:01
Last Modified: 17 Jul 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item