PENGARUH PERBEDAAN TYPIKAL U-TURN GANDA TERHADAP KINERJA JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN TEORI ANTRIAN (Study Kasus Ruas Jalan Udayana di Kota Mataram)

Baiq Shakila Bayani Audar1, Baiq Shakila Bayani Audar1 (2018) PENGARUH PERBEDAAN TYPIKAL U-TURN GANDA TERHADAP KINERJA JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN TEORI ANTRIAN (Study Kasus Ruas Jalan Udayana di Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
18. ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Mataram adalah kota dengan perkembangan pembangunan yang cukup tinggi, ditandai dengan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi kemacetan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan gangguan keamanan, kenyamanan bagi pengendara arus kendaraan u-turn dan lurus serta mempengaruhi kinerja lalu lintas pada jalan tersebut. Perlu dilakukan tinjauan terhadap typikal bukaan median untuk mengetahui kinerja ruas jalan pada u-turn ganda dengan median ruas jalan khususnya di ruas jalan Udayana Kota Mataram. Disamping itu untuk mengetahui perbedaan waktu putar kendaraan pada setiap typikal bukaan median pada ruas jalan tersebut serta untuk mengetahui panjang antrian u-turn ganda pada typikal median. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan perkotaan menggunakan MKJI 1997 serta perhitungan analisis antrian kendaraan menggunakan teori antrian. Data dari kedua lokasi typikal bukaan median yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian dihitung derajat kejenuhan, tingkat pelayanan jalan, panjang antrian serta waktu putar kendaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan pada typikal bukaan median dengan pulau jalan sebesar 0,40 lebih besar 12,5 % dari typikal bukaan median tanpa pulau jalan (0,35). Tingkat pelayanan jalan pada kedua typikal bukaan median tergolong dalam kategori tingkat pelayanan jalan “B”. Waktu putar rata-rata pada tipikal bukaan median dengan pulau jalan sebesar 6,32 detik 2,01 % lebih cepat dibandingkan typikal bukaan median tanpa pulau jalan (6,45 detik). Panjang antrian rata-rata tertinggi terjadi pada tipikal bukaan median dengan pulau jalan yang memutar kearah Islamic Center yaitu sebesar 18,048 m/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bukaan median, Kinerja jalan, Tingkat pelayanan, Waktu putar, Antrian kendaraan.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:09
Last Modified: 17 Jul 2018 05:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item