MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD KREATIVA GEBANG BARU MATARAM TAHUN 2009/2010

Susanti, Rita (2011) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA DINI DI PAUD KREATIVA GEBANG BARU MATARAM TAHUN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rita Susanti.doc
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat, untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini salah satunya adalah melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengembangan seni tari dapat berfungsi dalam pembentukan mental anak agar menjadi lebih kreatif, kritis, berani dan terampil. Masalah yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dapat mengembangkan kemampuan seni tari anak bagi PAUD “KREATIVA” Di Gebang Baru Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan praktik langsung. Hasil penelitian tahap I di peroleh data ada 3 anak yang memperoleh skor 17 dengan persentase 85%, skor 16 dengan persentase 80% dan skor 16 dengan persentase 80%. Ada 4 anak yang memperoleh skor 14 dengan persentase 70%, skor 15 dengan persentase 75%, skor 15 dengan persentase 75% dan skor 13 dengan persentase 65%. Ada 1 anak yang memperoleh skor 11 dengan persentase 55%, hal ini disebabkan penggunaan metode demonstarsi belum optimal karena masih banyak indikator yang belum dikuasai oleh anak. Kemudian pada tahap II meningkat karena telah diadakan perbaikan terhadap proses kegiatan belajar menari Hal ini terlihat dari hasil tahap II di peroleh data ada 6 anak yang memperoleh skor 17 dengan persentase 85%, skor 18 dengan persentase 90%, skor 17 dengan persentase 85%, skor 18 dengan persentase 90%, skor 16 dengan persentase 80%, skor 18 dengan persentase 90%. Ada 2 anak yaitu memperoleh skor 13 dengan persentase 65% dan skor 14 dengan persentase 70%. Berdasarkan data tersebut kegiatan menari dengan mengggunakan metode demonstrasi dapat mengembangkan kemampuan seni tari anak usia 5-6 tahun. Kesimpulan bahwa penggunaan metode demonstrasi terbukti dapat mengembangkan kemampuan seni tari anak di PAUD KREATIVA Gebang Baru Mataram Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Seni Tari, Demonstrasi, PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:08
Last Modified: 17 Jul 2018 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item