MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGUNAKAN MEDIA AIR DI PAUD ANAK FASIH AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ARIANI, NI KADEK WIDYA (2011) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGUNAKAN MEDIA AIR DI PAUD ANAK FASIH AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan kognitif yang dimiliki oleh setiap anak harus dikembangkan dengan memberikan kesempatan pada anak untuk bebas bereksplorasi. Salah satunnya dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan menggunakan media air.penerapan pembelajaran yang tidak optimal mengakibatkan perkembangan kognitif anak tidak dapat berkembang, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kognitif anak melalui kegiatan menggunakan media air yang optimal di PAUD Anak Fasih Ampenan Mataram tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang bersifat kolaboratif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berada di kelompok A terdiri atas 5 laki-laki dan 5 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, proses pembelajaran terdiri dari pijakan lingkungan bermain air, pijakan sebelum bermain air, pijakan selama bermain air, pijakan setelah bermain air kekurangan pada pengembangan I yaitu alat/media yang digunakan kurang jumlahnya dan kurang bervariasi, saat bercerita tidak membawa gambar/buku cerita, tidak menyepakati aturan bermain dengan anak-anak, kurang memberi pertanyaan terbuka yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak, tidak memberitahu alokasi waktu dalam bermain air, dan tidak memberi pujian atas hasil karya anak. Diperbaiki pada pengembangan II menjadi optimal sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif pada anak. Hal ini dapat dilihat dari persentase keberhasilan yaitu pada pengembangan I sebesar 76,11% menjadi 89,44% pada pengembangan II. Data ini membuktikan bahwa adanya perbedaan perkembang kognitif yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media air yang optimal dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): 1. Kegiatan menggunakan media air, 2. Aspek Kognitif, 3. Anak usia 4-5 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:06
Last Modified: 17 Jul 2018 05:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item