PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

HAFIFAH, HAFIFAH (2011) PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hafifah (Skripsi Lengkap).docx
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berkembangnya aspek sosial anak serta keterbatasan guru dalam merancang dan menerapkan strategi mengajar khususnya di TK Tunas Bangsa Mataram. Adapun permasalahan yamg ingin diangkat ialah apakah penerapan metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun melalui penerapan metode proyek di TK Tunas Bangsa Mataram . Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan deskriptif melalui tiga tahap pengembangan. Populasinya adalah seluruh anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 anak di TK Tunas Bangsa Mataram, dengan mengambil sampel 50% dari jumlah populasi sebanyak 10 anak yang ditentukan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek yang dilakukan pada tahap pertama belum optimal, ini terlihat pada saat memasuki pijakan bermain. Hal ini dikarenakan oleh metode yang digunakan merupakan hal yang baru bagi anak, sehingga hasil pembelajaran yang diinginkan kurang optimal. Pada pengembangan kedua dan ketiga, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menyajikan kegiatan yang pernah dialami dan disukai oleh anak, sehingga hasil yang dicapai meningkat optimal, kecuali pada seorang anak yang lebih senang bermain sendiri. Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan metode proyek melalui tahapan pengembangan yang optimal dan dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode, proyek, perkembangan sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:35
Last Modified: 18 Jul 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6110

Actions (login required)

View Item View Item