PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5–6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELUKIS KELOMPOK B di TK DHARMA WANITA SANDITYAS KEKALIK TAHUN AJARAN 2010/2011

LESTARI, TITIK (2011) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5–6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELUKIS KELOMPOK B di TK DHARMA WANITA SANDITYAS KEKALIK TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
02. BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di latar belakangi oleh kurangnya pengembangan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan melukis kelompok B di TK Dharma Wanita Sandityas karena kegiatan pembelajaran di TK Dharma Wanita Sandityas yang mengarah pada capaian akademik saja dan lebih mengembangkan belahan otak kiri. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan melukis kelompok B di TK Dharma Wanita Sandityas Kekalik tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian perkembangan (development study) yang dilakukan secara cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk narasi dan tabel kemudian ditarik kesimpulan. Proses pembelajaran melukis terdiri dari kegiatan awal yang merupakan tahap perencanaan/planning, kegiatan inti merupakan tahap bekerja, dan kegiatan akhir merupakan tahap review. Pada pengembangan pertama ada beberapa kekurangan yang ditemui di proses pembelajaran yaitu pemilihan sub tema yang tidak sesuai dengan keseharian anak, penyiapan alat/media yang kurang, pemberian aturan tanpa membuat kesepakatan dengan anak, dan minimnya alokasi waktu. Semua kekurangan tersebut telah diperbaiki di pengembangan kedua. Hasil penelitian pengembangan pertama rata-rata kemampuan kognitif anak mencapai 6,5 dengan persentase keberhasilan anak mencapai 30,3% dan pada pengembangan kedua rata-rata kemampuan kognitif anak mencapai 11 dengan persentase keberhasilan anak mencapai 52,3%. Ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan melukis dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Dharma Wanita Sanityas Kekalik tahun ajaran 2010/2011. Disarankan pada pihak guru untuk menerapkan pembelajaran melukis dalam mengembangkan kemampuan kognitif sesuai dengan anak usia dini dan memperhatikan kekurangan-kekurangan pada proses pembelajaran serta faktor internal yang ada pada anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Melukis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:35
Last Modified: 18 Jul 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item View Item