PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK AL-ISTIQOMAH PAJERUK AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011

APRILIANI, DEWI (2011) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK AL-ISTIQOMAH PAJERUK AMPENAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. BAB I sampai III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)

Abstract

Kreativitas perlu dirangsang perkembangannya sejak masa kanak-kanak, karena rangsangan yang diberikan merupakan hasil yang paling besar dalam peningkatan potensinya kelak. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul “Pengembangan Kreativitas Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Meronce di TK Al-Istiqomah Pajeruk Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011” dengan tujuan untuk mengetahui kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan meronce di TK Al-Istiqomah Pajeruk Ampenan Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 9 anak di TK Al-Istiqomah. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Untuk mencari nilai akhir, penulis menggunakan rumus NA = □(SA/(SMi )) × 100% sedangkan untuk mencari nilai rata-rata penulis menggunakan rumus yaitu nilai akhir yang didapat oleh keseluruhan anak dibagi jumlah anak. Pada penelitian tahap I, pembelajaran yang dilakukan guru kurang maksimal karena penyediaan tempat dan media yang kurang, serta guru tidak melakukan recalling. Pada tahap II, masih ada pembelajaran yang belum terlaksana yaitu guru tidak melakukan recalling. Pada tahap III, guru sudah melakukan proses pembelajaran secara maksimal dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada tahap sebelumnya. Nilai rata-rata pengembangan kretivitas anak yaitu pada tahap I sebanyak 40,47%. Tahap II sebanyak 57,93% dan pada tahap III sebanyak 61,90%. Jadi nilai rata-rata yang diperoleh anak dari tahap I sampai tahap III, kemampuan kreativitas anak berada pada kategori cukup kreatif. Rata-rata peningkatan skor yang terjadi pada pengembangan kreativitas anak yaitu pada penelitian tahap I ke tahap II mengalami peningkatan sebesar 17,46% dan pada tahap II ke tahap III mengalami peningkatan sebesar 3,97%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce yang dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang dengan pemberian kesempatan dan stimulasi dapat meningkatkan pengembangan kreativitas anak yaitu dengan merangkai dan membentuk pola rangkaian sendiri dengan cara mengkombinasikan warna manik-manik, ukuran dan bentuknya yang selaras maka akan dapat menghasilkan pola rangkaian yang indah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreativitas, Kegiatan Meronce.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 00:35
Last Modified: 18 Jul 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item