PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012

FATMAWATI, FATMAWATI (2012) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baru 2012 revisi setelah ujian.doc
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)

Abstract

Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita dengan Boneka Tangan Di TK Negeri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2011/2012. Dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui bercerita dengan media boneka tangan di TK Negeri Pembina Mataram. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan metode bercerita media boneka tangan di TK Negeri Pembina Mataram tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Pelaksanaannya terdiri dari dua tahap pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. sedangkan analisis data secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan perkembangan mulai dari pijakan awal sampai pijakan akhir, tahap pengembang I dan pada tahap pengembangan II, proses ditunjukan dengan hampir semua indikator telah dilaksanakan oleh semua anak dengan baik. Faktor yang mempengaruhi kenaikan dari setiap aspek adalah: anak sudah dapat menyimak cerita dengan baik dari awal sampai akhir cerita, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru, dapat menceritakan kembali isi cerita yang telah disampaikan guru secara sederhana dan anak dapat menyusun kalimat secara sederhana. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari anak dapat melakukan dari tahap pengembangan I ke tahap pengembangan II dapat meningkat dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun melalui bercerita.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bercerita; Kemampuan Bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:35
Last Modified: 20 Jul 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item View Item