IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2012/2013

NURHASANAH, NURHASANAH (2012) IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIQ LENGKAP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari masih monoton sehingga kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun kurang berkembang. Rumusan masalah adalah metode pembelajaran apa saja yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari, metode pembelajaran mana yang dominan atau sering diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari, metode pembelajaran mana yang efektif diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui metode yang di terapkan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari, untuk mengetahui metode pembelajaran yang dominan atau sering diterapkan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari, untuk mengetahui metode yang efektif diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung sari . Maka digunakan metode pengumpulan data berupa observasi , wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Sehingga kesimpulan yang diperoleh adalah metode yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemapuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung sari yaitu metode bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab,dan karyawisata. Metode yang dominan atau sering diterapkan yaitu: metode tanya jawab. Sedangkan metode yang efektif diterapkan yaitu: metode bercakap-cakap. Jadi metode pemeblajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Gunung Sari masih monoton. Sehingga disarankan kepada Guru PAUD se-Kecamatan Gunung Sari terutama guru yang mengajar di usia 5-6 tahun menerapkan metode pembelajaran secara bervariasi dan sesuai sehingga kemampuan bahasa anak dapat berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:34
Last Modified: 20 Jul 2018 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item