PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

CHAIRIAH NINGSIH, YAUMUL (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Uji coba produk dilakukan di dua SMA yang ada di Kota Mataram yaitu SMA Negeri 2 Mataram dan SMA Negeri 8 Mataram. Data validasi perangkat pembelajaran di dapat dari empat orang ahli yang mendapatkan hasil bahwa perangkat pembelajaran untuk silabus sebesar 77.08% (layak), RPP 80.51% (sangat layak), LKPD 82.95 % (sangat layak), dan instrumen penilaian 74.43% (layak) , data kepraktisan didapatkan dari penilaian praktisi yang berasal dari guru 91.20% (sangat praktis) dan peserta didik 88.66% (sangat praktis) hasil yang didapatkan adalah sangat praktis untuk digunakan. Efektifitas perangkat pembelajaran berbasis POGIL didapatkan rata-rata peserta didik mencapai nilai 81.98 dengan ketuntasal klasikan 81.43%, jika nilai rata-rata ketuntasan belajar 75% < NR ≤ 100% (sangat efektif)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Perangkat, Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), keterampilan proses sains, penguasaan konsep peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:33
Last Modified: 20 Jul 2018 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item