IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BALITA (PKSAB) DI KOTA MATARAM TAHUN 2013

TRI WATI, EVI JANRIA (2013) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PROGRAM KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BALITA (PKSAB) DI KOTA MATARAM TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V GABUNG.docx
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan suatu proses berpikir pada tiap anak yang mempengaruhi perkembangan aspek lainnya. Hal ini disebabkan karena perkembangan kognitif sebagai pemahaman yang mendasari setiap aspek untuk dikembangkan. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang bagaimana capaian perkembangan kognitif anak berdasarkan kelompok usia, manakah indikator perkembangan kognitif anak yang belum berkembang berdasarkan kelompok usia dan manakah indikator perkembangan kognitif anak yang dominan berdasarkan kelompok usia di Program Kesejahteraan Sosial Anak Balita (PKSAB) Kota Mataram tahun 2013 ?. Dalam pengamatan awal peneliti menemukan adanya varian dalam capaian perkembangan kognitif pada tiap kelompok usia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui capaian perkembangan kognitif anak, indikator perkembangan kognitif anak yang belum berkembang serta indikator perkembangan kognitif anak yang dominan berdasarkan kelompok usia di Program Kesejahteraan Sosial Anak Balita (PKSAB) Kota Mataram tahun 2013. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional model. Adapun sampel yang digunakan sampel populasi, dengan jumlah sampel 36 anak. Metode pengumpul data yang digunakan adalah metode observasi terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat capaian perkembangan anak PKSAB tahun 2013. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak berdasarkan kelompok usia di PKSAB Kota Mataram tahun 2013 adalah (1) usia 3-4 tahun capaian perkembangan kognitif anak ditunjukan dengan persentasi 53,24%, dimana tingkat perkembangan kognitif anak pada bidang pertama meliputi memahami, menerapkan, analisis dan evaluasi ; bidang kedua meliputi memahami dan menerapkan; bidang ketiga meliputi memahami,evaluasi dan kreasi, (2) usia 4-5 tahun capaian perkembangan kognitif anak ditunjukan dengan persentasi 50,47%, dimana tingkat perkembangan kognitif anak pada bidang pertama meliputi memahami, menerapkan dan berkreasi ; bidang kedua meliputi memahami dan menerapkan; bidang ketiga meliputi memahami, menerapkan dan analisis, (3) usia 5-6 tahun capaian perkembangan kognitif anak ditunjukan dengan persentasi 67,85%, dimana tingkat perkembangan kognitif anak pada bidang pertama meliputi menerapkan, analisis, evaluasi dan berkreasi ; bidang kedua meliputi evaluasi; bidang ketiga meliputi menerapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:31
Last Modified: 20 Jul 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6225

Actions (login required)

View Item View Item