IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SELAPARANG TAHUN AJARAN 2012-2013

MARIANI, MARIANI (2013) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SELAPARANG TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)

Abstract

Pengembangan moral anak sangat penting dilakukan sejak anak masih usia dini, karena pada usia ini penanaman nilai-nilai moral pada anak menjadi dasar yang kuat bagi perilaku anak selanjutnya. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah indikator mana saja yang berkembang, tidak berkembang dan indikator yang dominan pada anak usia 5-6 tahun di kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator perkembangan moral yang berkembang, belum berkembang dan dominan berkembang pada anak usia 5 - 6 tahun di PAUD Kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2012-2013, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah 1.554 anak yang tersebar 43 lembaga PAUD, dan jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 109 anak yang tersebar di 6 lembaga TK dan KB. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan metode proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di PAUD se Kecamatan Selaparang Kota Mataram Tahun Ajaran 2012/2013 secara umum sudah berkembang antara lain : empati, kontrol diri, toleransi dan keadilan, indikator yang dominan berkembang yaitu kontrol diri dan toleransi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Moral.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:31
Last Modified: 20 Jul 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item