IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2012/2013

HASAN, MUSIRAH (2013) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MUSIRAH HASAN - EIF 110 027.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berprilaku sosial emosional perlu di miliki sejak anak masih kecil sebagai suatu pondasi bagi perkembangan kemampuan anak berinteraksi dengan lingkungannya secara lebih luas dan dapat memiliki kecerdasan sosial emosional sejak dini. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah indikator perkembangan sosial emosional manakah yang berkembang, belum berkembang dan dominan berkembang sesuai dengan harapan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Ampenan Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator perkembangan sosial emosional yang berkembang, belum berkembang, dominan berkembang sesuai dengan harapan pada anak usia 5 - 6 tahun di PAUD Se-Kecamatan Ampenan, dengan menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Ampenan dengan menggunakan sampel tehnik proportionate stratified random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa capaian perkembangan sosial emosional anak dari setiap indikator menunjukkan bahwa semua indikator berkembang, namun terdapat indikator yang capainnya belum berkembang yaitu pada indikator membantu teman yang mengalami kesulitan, mau berbagi dengan teman, selalu mengucap terima kasih kepada orang lain saat mendapatkan sesuatu, mau memohon dan memberi maaf. Adapun indikator yang dominan berkembang sesuai dengan harapan yaitu indikator dapat membedakan perbuatan yang benar dan yang salah dengan persentase 88.21, indikator bersikap sopan dan santun dengan persentase 86.38, indikator mau mengalah terhadap teman dengan persentase 83.73, dan indikator dapat mengikuti aturan yang ada dengan persentase 81.30. Hasil observasi menunjukkan capaian perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Ampenan adalah cukup berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:30
Last Modified: 20 Jul 2018 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item