PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KOMPONEN JOURNAL WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 MIDANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

AFRILINA, LINDA (2013) PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KOMPONEN JOURNAL WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 1 MIDANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI NDA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)

Abstract

Siswa kelas V SDN 01 Midang Gunung Sari Lombok Barat mengalami permasalahan rendahnya kemampuan berbicara siswa. Hal ini dikarenakan oleh sikap dan minat siswa dalam mengikuti bembelajaran berbicara rendah. Pada umumnya siswa merasa takut dan malu saat ditugasi untuk tampil berbicara di depan teman-temannya, sebagian besar siswa kurang mampu untuk mengeluarkan pendapat, sehingga siswa kurang terampil berbicara sebagai akibat dari kurangnya latihan berbicara. Tujuan penelitian kelas ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 01 M idang Gunung Sari yang berjumlah 30 orang. Pembelajaran dengan penerapan pendekatan Whole Language yang menyajikan kompetensi-kompetensi keterampilan berbahasa mendengarkan, menyimak, menulis, dan berbicara secara utuh, tidak terposah-pisah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam II siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap evaluasi dan refleksi. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari hasil observasi dan catatan lapangan untuk penilaian proses, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes berbicara yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa yang mencapai nilai KKM 70 dan dengan persentase 85% secara klasikal. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan selama 2 siklus serta analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan pendekatan Whole Language dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata 75 dengan dengan ketuntasan klasikal 80% dan pada siklus II nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan minimal klasikal 90%. Terjadi peningkatan dari siklus I-II sebesar 10%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berbicara, Whole Language
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:25
Last Modified: 20 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6307

Actions (login required)

View Item View Item