PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE SISWA KELAS IV SDN 27 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

LESTARI, NINING MEILIA (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE SISWA KELAS IV SDN 27 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINING MEILIA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Cakranegara khususnya pada pelajaran IPA dimana interaksi siswa dengan guru sebagian besar pasif, Hal tersebut dikarenakan kurangnya inisiatif siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami, hal ini disebabkan oleh guru yang kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran dan tidak ada media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, sehingga dilakukan penelitian di sekolah ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, evaluasi dan tahapan yang terakhir yaitu tahap refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes evaluasi berupa pilihan ganda. Hasil penelitian pada siklus pertama belum mencapai target yang ditetapkan, dimana nilai rata-rata kelas siklus I hanya 68,75 dan ketuntasan hasil belajar siswa adalah 71,87%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan sudah mencapai keberhasilan, yaitu rata-rata kelas mencapai 81,25 dan ketuntasan hasil belajar siswa adalah 87,5%. Hal Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, sehingga penelitian dihentikan sampai siklus ke dua. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square sangat efektif digunakan, karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA khususnya pada pokok pembahasan sumber daya alam siswa kelas IV SDN 27 Cakranegara Kecamatan Cakranegara Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Word Square, Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:25
Last Modified: 20 Jul 2018 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6317

Actions (login required)

View Item View Item