IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015

WIRYANI, IDA AYU ANDITA (2014) IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya penggunaan metode pembelajaran yang mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dalam segala kegiatan sehingga berdampak bagi perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD se-Kecamatan Suralaga Lombok Timur. Rumusan masalah dalam penelitian adalah metode pembelajaran apa saja yang digunakan, metode pembelajaran mana yang dominan, dan metode pembelajaran mana yang efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD se-Kecamatan Suralaga Lombok Timur tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan, metode pembelajaran yang dominan digunakan, dan metode pembelajaran yang efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD se-Kecamatan Suralaga Lombok Timur tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah guru yang mengajar anak usia 4-5 tahun di PAUD se-Kecamatan Suralaga Lombok Timur dengan jumlah 36 guru. Oleh karena jumlah populasi yang kurang dari 100 maka sampel penelitian ini merupkan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima metode pembelajaran yang digunakan, antara lain metode demonstrasi, karyawisata, bermain peran, bermain, dan eksplorasi; metode yang dominan digunakan adalah demonstrasi dan bermain; serta metode yang efektif digunakan adalah metode bermain yang mengembangkan berbagai kemampuan motorik kasar anak khususnya yang paling menonjol adalah pada indikator melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran, Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:24
Last Modified: 20 Jul 2018 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6328

Actions (login required)

View Item View Item