IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2013-2014

Kurniasari, Sita (2014) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2013-2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (592kB)

Abstract

Lembaga pendidikan anak usia dini merupakan tempat belajar bagi anak yang memiliki berbagai sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran dengan memanfaatkan alat permainan edukatif yang lebih dikenal dengan APE. APE adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan kependidikan. APE mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangan. Salah satu aspek perkembangan yaitu motorik halus. Motorik halus adalah kemampuan anak prasekolah beraktifitas dengan menggunakan otot-otot kecil seperti menulis, meremas, menggenggam, dan menggambar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey menggunakan pendekatan kualitatif dengan populasi seluruh guru kelompok usia 5-6 tahun yang mengajar di PAUD se-Kecamatan Sekarbela. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23% dari 52 guru di 26 PAUD yang ada di kecamatan Sekarbela, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 12 guru dari 6 lembaga PAUD. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui alat permainan apa saja yang dimanfaatkan, alat permainan edukatif yang dominan dan efektif dimanfaatkan dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh APE yang dimanfaatkan dalam mengembangkan motorik halus anak sebanyak 42 APE (93,3%), yang dominan sebanyak 15 APE (33,3%) yaitu: krayon, kertas bergambar, finger painting, plastisin, papan jiplak, meronce, kertas origami, balok pembangunan, alat-alat menjempit, pensil, buku tulis, majalah, alat gunting, puzzle dan manik-manik. APE yang efektif dimanfaatkan sebanyak 13 APE (28,8%) yaitu: krayon, finger painting, playdough, leggo, tazoz, plastisin, tanah liat, meronce, alat-.alat menjahit, alat-alat menganyam, gendang, alat gunting karena APE ini dapat menstimulasi otot-otot kecil sehingga jari jemari anak menjadi lebih kuat untuk membentuk sesuatu sesuai dengan imajinasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): APE, Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:31
Last Modified: 20 Jul 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item