IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI GUGUS VII KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HASANAH, ISWATUN (2014) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI GUGUS VII KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISWATUN HASANAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan motorik kasar adalah kemampuan bagi anak mencakup gerakan gerakan otot otot besar yang melibatkan anggota badan dalam melakukan gerakan gerakan dasar,keterampilan motorik akan berkembang secara otomatis dengan bertambahnya usia, kematangan syaraf dan otot, Oleh sebab itu gerakan yang dilakukan anak sesederhana apapun sebenarnya merupakan pola intraksi yang kompleks dari berbagai bagian dan system dalam tubuh yang dikontrol oleh otak. Adapun rumusan masalahnya adalah indikator apa yang sudah berkembang,belum berkembang dan dominan dari kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Gugus VII kecamatan Praya tahun pelajaran 2013/2014 Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pengumpulan data observasi dengan tehnik analisis data deskriftif dan kualitatif.Populasi yang diambil adalah seluruh siswa TK/PAUD usia 4-5 tahun di Gugus VII Kecamatan Praya Lombok Tengah 2013/2014 berjumlah 51 orang. Hasil penelitian perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Gugus VII Kecamatan Praya Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Indikator yang berkembang yaitu melakukan gerakan antisipasi, melakukan gerakan berlari, melakukan gerakan melompat, melakukan gerakan meloncat, melakukan gerakan pohon yang tertiup angin,dengan persentase 53,42% sedangkan indikator yang belum berkembang menirukan gerakan binatang/hewan, melakukan gerakan bergelanyut (bergelantung) dengan persentase 12,81% hal ini disebabkan karena proses pembelajaran baru tahap awal masuk sekolah dan kurangnya APE luar serta stimulus yang diberikan masih kurang, dan indikator yang dominan yaitu indikator menangkap dan melempar sesuatu secara terarah dengan jumlah persentase 60,85% Indikator muncul pada saat kegiatan sebelum masuk kelas, pada saat bermain diluar kelas, dan pada saat berolah raga. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik kasar anak usia prasekolah dapat berkembang apabila anak memperoleh stimulus dan latihan secara rutin dengan meyediakan sarana prasarana yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 00:48
Last Modified: 21 Jul 2018 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item