MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BANGSA PGRI MAMBALAN TAHUN AJARAN 2014/2015

DEWI, BAIQ RATNA (2015) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN BANGSA PGRI MAMBALAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ RATNA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan sosial merupakan proses pengembangan pembelajaran pada anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial juga merupakan seseorang anak dalam berinteraksi dengan temannya, sehingga anak bisa merespon dan mengikat dan merespondan mengikat perasaan seseorang dengan positif.kemampuan sosial anak di TK Harapan Bangsa PGRI Mambalan masih kurang, hal ini dikarenakan pembelajaran yang diajarkan kepada mereka sering kali lebih bersifat individu, dan jarang dilibatkan dalam suatu permainan yang membutuhkan kerjasama kelompok dalam jumlah yang lebih besar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan tradisional kucing dan tikus untuk mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bangsa PGRI Mambalan tahun ajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan permainan tradisional kucing dan tikus untuk mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Bangsa PGRI Mambalan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan tiga tahap pengembangan yang masing-masing pengembangan terdiri dari perencanaan, pelaksananan, dan analisis pengembangan. Faktor yang di teliti adalah kegiatan guru dan anak dengan jumlah 12 orang anak usia 5-6 tahun. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial anak masih kurang dan perlu di tingkatkan dimana pada tahap pengembangan I baru mencapai nilai rata-rata 50 %, sedangkan pada tahap pengembangan II kemampuan sosial anak mulai mengalami peningkatan dengan hasil 55,4%. Pada tahap pengembangan III nilai rata-rata perkembangan kemampuan sosial anak di TK Harapan Bangsa PGRI Mambalan meningkat mencapai 77% dan mencapai kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial anak dapat dikembangkan melalui penerapan permainan tradisional kucing dan tikus dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Sosial, Permainan kucing-Tikus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:18
Last Modified: 21 Jul 2018 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6457

Actions (login required)

View Item View Item