MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BERMAIN KARTU KATA DAN GAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HAMIDIYAH SESELA GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

HALIMAH, HALIMAH (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BERMAIN KARTU KATA DAN GAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HAMIDIYAH SESELA GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap Halim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK AL-Hamidiyah Sesela Gunungsari, terkait dengan perkembangan kemampuan membaca anak seperti belum mengenal huruf dan sering tertukar menyebutkan huruf n dengan huruf u, huruf b dengan d. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bermain menggunakan kartu kata dan gambar yang tepat dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hamidiyah Sesela Gunungsari tahun ajaran 2015/2016”? Tujuan penelitian untuk mengetahui model pembelajaran bermain menggunakan kartu kata dan gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hamidiyah Sesela Gunungsari tahun ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan 3 tahapan pengembangan, yang masing-masing pengembangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis pengembangan. Subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pengembangan I diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan membaca anak masih kurang dan perlu ditingkatkan dimana baru mencapai nilai rata-rata yaitu dengan rata-rata 58,96%, sedangkan pada tahap pengembangan II mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata perkembangan kemampuan membaca anak mencapai 67,10% cukup baik, dan pada tahap pengembangan III nilai rata-rata perkembangan kemampuan membaca anak meningkat mencapai 81,95% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan bermain kartu kata dan Gambar sesuai dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hamidiyah Sesela Gunungsari tahun ajaran 2015-2016

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca, kartu kata dan gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:17
Last Modified: 21 Jul 2018 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item View Item