PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL IKHSAN TAHUN AJARAN 2015/2016

ISMIANI, SRI (2015) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD AL IKHSAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya.Salah satu kecerdasan yang penting distimulasi adalah kecerdasan interpersonal.Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan individu untuk menjalin hubungan atau relasi dengan orang lain, kemampuan untuk saling memahami dengan orang lain, berkomunikasi dengan orang lain, kemampuan membentuk dan juga menjaga hubungan, serta mengetahui berbagai perasaan yangterdapat dalam suatu kelompok. Kecerdasan interpersonal dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Namun metode bermain peran jarang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain peran yang tepat dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di PAUD Al IkhsanTahun Ajaran 2015/ 2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Al Ikhsan Semparu tahun ajaran 2015/2016. Adapun jumlah peserta didik sebanyak 12 orang yang terdiri dari 3 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitianinidilakukan dalam dua tahap pengembangan dengan mengumpulakan data penelitian tentang kecerdasan interpersonal menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal kemampuan kecerdasan interpersonal anak dapat dilihat nilai rata-rata pada pengembangan tahap I yaitu 65,06 % ini berarti kecerdasan interpersoanal dalam kategori berkembang cukup baik, sehingga perlu dilakukan penelitan selanjutnya. Kemudian diperoleh hasil pada pengembangan tahap II yaitu 81,25 % dengan kategori berkembang baik. Adapun persentase peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun pada pengembangan tahap I ke pengembangan tahap ke II yaitu 16,19 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di PAUD Al Ikhsan dapat berkembang baik apabila anak memperoleh stimulasi dan latihan secara rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Interpersonal, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:08
Last Modified: 21 Jul 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item