PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

P U R W A N T I, P U R W A N T I (2015) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-HIKMAH JEMPONG TIMUR MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PURWANTI (E1F011034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan kepandaian untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, kemudian dapat menuntun seseorang untuk memahami, bekerjasama dan berkomunikasi, serta memelihara hubungan baik dengan orang lain. Perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Jempong Timur Mataram kurang berkembang dengan baik, hal ini disebabkan karena pemilihan metode yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak kurang tepat. Oleh sebab itu, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode kerja kelompok dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kerja kelompok dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Jempong Timur Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan subjek penelitian 15 anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Jempong Timur Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data yang bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan interpersonal anak pada pengembangan tahap pertama yaitu 66.91% dengan kategori berkembang cukup baik dan meningkat 13.42% menjadi 80.33% dengan kategori berkembang baik pada pengembangan tahap kedua dan dari 15 anak terdapat 9 anak yang mendapatkan indikator capaian berkembang baik, jika dipersentasikan 9 anak berbanding 15 anak maka penerapan metode kerja kelompok dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak sebanyak 60% dengan kategori berkembang baik, sedangkan 6 atau 40% anak yang kecerdasan interpersonalnya berkembang cukup baik. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Penerapan metode kerja kelompok dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Hikmah Jempong Timur Mataram tahun pelajaran 2015/2016”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecerdasan Interpersonal, Metode Kerja Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2018 06:08
Last Modified: 21 Jul 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item