PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

FITRI, RIA (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal.depan.pdf

Download (898kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 16 Mataram pada materi segiempat tahun ajaran 2014/2015. Aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas tersebut masih rendah. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar yang diraih siswa adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Data aktivitas siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada akhir setiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan apabila minimal berkategori tinggi. Sedangkan nilai rata- rata hasil evaluasi belajar siswa ≥75 dan persentasi ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I dan II tergolong tinggi sedangkan pada siklus III berkategori sangat tinggi dengan skor rata-rata aktivitas setiap siklusnya berturut-turut adalah 12,50; 14,66; 16,0. Jadi terdapat peningkatan aktivitas siswa. Dari analisa hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata hasil evaluasi pada siklus I, II, dan III masing-masing adalah 83,04; 80,32; 85,03 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 78,57%; 82,14%; 86,21%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus ke siklus, baik dari aktivitas maupun hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dapat memenuhi indikator kerja yang telah ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual pada materi segiempat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas VII B SMP Negeri 16 Mataram tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): guru, pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:43
Last Modified: 25 Jul 2018 06:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6480

Actions (login required)

View Item View Item