PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III GUGUS IV KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Safitriah Hidayati, Aulia (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III GUGUS IV KECAMATAN AMPENAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI_AULIA SAFITRI HIDAYATI_PGSD_2018.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas III gugus IV kecamatan Ampenan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif (causal comparative research) yaitu penelitian sebab akibat dengan pendekatan expost facto. Penelitian ini membandingkan variabel terikat (Y) yaitu Prestasi Belajar Mata Pelajaran PKn berdasarkan variabel (X1) yaitu Jenis Pola Asuh Orang Tua. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa dari 185 populasi, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan purposive proporsional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket (questionaire) dan dokumentasi (nilai rapot PKn siswa semester ganjil). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik non parametrik dengan menggunaan teknik kruskal wallis test yang dibantu oleh program SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memilih pola asuh otoriter sebanyak 15, yang memilih pola asuh otoritatif sebanyak 45, dan yang memilih pola asuh permisif sebanyak 23. Hasil analisis data diperoleh nilai asymp.sig <0,05, maka hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan pola asuh otoriter, otoritatif, dan permisif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas III gugus IV kecamatan ampenan”. Hasil analisis lanjutan yakni menggunakan analisis quartil didapati bahwa tipe pola asuh otoritatif memiliki kontribusi dan pengaruh paling besar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pola asuh, prestasi belajar, PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:27
Last Modified: 23 Jul 2018 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View Item View Item