PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVESCRIPT DAN PERMAINAN LINGKARAN ILMU SISWA KELAS V SDN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BEUTI, LUH PENI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVESCRIPT DAN PERMAINAN LINGKARAN ILMU SISWA KELAS V SDN 2 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam belajar IPS yang disebabkan kurang antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPS. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Kolaborasi Model pembelajaran Kooperatif tipe cooperative script dan Permainan lingkaran ilmu dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Mataram Tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan permainan lingkaran ilmu pada siswa kelas V SDN 2 Mataram.Kooperatif tipe cooperative script dan permainan lingkaran ilmu adalah model pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih antusia dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitianTindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi-evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan presentasi aktivitas guru 70 berkategori baik dan siswa 55,5 berkategori cukup aktif dengan hasil rata-rata belajar siswa 78,40 dan presentase ketuntasan 68,18%. Siklus II menunjukkan aktivitas guru presentasi skor 78 berkategori baik dan aktivitas siswa 76,5 berkategori aktif, presentase ketuntasan mencapai 86,36% dengan rata-rata hasil belajar 80,79. Berdasarkan data observasi tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan permainan lingkaran ilmu dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 2 Mataram Tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model kooperatif tipe Cooperative script dan Permainan Lingkaran ilmu, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:56
Last Modified: 23 Jul 2018 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item