PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII A SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MANTIKA, ROSALINA (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII A SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI ROSALINA MANTIKA (E1R113064).pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII A SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas siswa diperoleh dari hasil observasi dalam tiap pertemuan dan data prestasi belajar diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator aktivitas siswa dikatakan meningkat apabila mengalami peningkatan minimal berkategori aktif pada akhir siklus dan untuk indikator prestasi belajar dikatakan meningkat apabila tercapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu minimal 85% dari siswa yang mendapat nilai lebih besar dari atau sama dengan 70. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 10,8 dengan kategori aktif. Kemudian skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus II adalah 13,6 dengan kategori sangat aktif. Hasil evaluasi siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72,00% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88,00%. Hal tersebut menunjukan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada tiap siklus. Dengan melihat keseluruhan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning secara optimal pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): problem based learning, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:40
Last Modified: 25 Jul 2018 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6553

Actions (login required)

View Item View Item