IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINANEDUKATIF (APE)DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2015/2016

PRATAMA, YOGI MEIDA (2015) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINANEDUKATIF (APE)DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINANEDUKATIF -YOGI MEIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini dalah pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) khususnya yang digunakan dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun belum diberikan secara optimal melainkan lebih banyak diberikan kegiatan yang dapat mengembangkan kognitif dan bahasanya, hal ini berdasarkan hasil observasi awal di PAUD/TK Se-Kecamatan Sekarbela. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: Alat Permainan Edukatif (APE) apa saja yang digunakan dalam mengembangkan mtorik halus anak usia 5-6 tahun, yang dominan dalam mngembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun danyang efektif digunakan dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD/TK Se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui Alat Permainan Edukatif (APE) apa saja yang digunakan, dominan dan efektif digunakan dalam mengembangkan mtorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD/TK se-Kecamatan Sekarbela tahun ajaran 2015/2016. Jenis peneltian ini adalah penelitian survei menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23% dari 52 guru yang ada di 26 PAUD se-Kecamatan Sekarbela, sehingga diperoleh hasilnya sebanyak 12 guru di Kecamatan Sekarbela.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa alat permainan edukatif yang digunakan sebanyak 10APE dari 24 APE dengan persentase 41.7%.Alat permainan edukatif yang dominan digunakan sebanyak 5APE dari 24 APE dengan persentase 20.8%.Alat permainan edukatif yang efektif digunakan sebanyak 9APE dari 24 APE dengan persentase 37.5%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan APE dalam mengembangkan motorik halus anak masih belum optimal, hal tersebut dapat dilihat dari masih banyak kegiatan yang tidak menggunakan APE sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan kegiatan dan hanya dipajang, selain itu pembelajaran lebih difokuskan kepada membaca, menulis, berhitung (calistung).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): APE, Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:39
Last Modified: 25 Jul 2018 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6569

Actions (login required)

View Item View Item