MENINGKATKAN KONSEP SAINS DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HILIANA, SITI (2015) MENINGKATKAN KONSEP SAINS DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MENINGKATKAN KONSEP SAINS DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 THSITI HILIANA E1F011043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Sains untuk anak-anak adalah tentang menyelidiki hal-hal nyata, mengembangkan gagasan dan teori baru, dan membuat mereka saling berbagi. Semakin kaya dan bervariasi sebuah lingkungan, semakin kaya dan bervariasi pengalaman yang akan didapatkan anak-anak, memberikan kesempatan bereksperimen kepada anak-anak, sama artinya dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk berani mencoba mengembangkan keterampilan sainsnya dan memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan daya pikir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan konsep sains anak dengan percobaan sifat-sifat air pada anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains anak melalui percobaan sifat-sifat air di sentra bahan alam pada kelompok B1 di TK Mutiara Hati Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan penelitian dilaksanakan dalam dua kali pemberian tindakan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila anak melakukan percobaan sifat-sifat air untuk meningkatkan kemampuan sainsnya telah mencapai 80% dengan kriteria tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang anak kelompok B1 TK Mutiara Hati Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan dokumentasi. Lembar instrumen yang digunakan berupa panduan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan tekhnik xi deskriptif. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari pre test atau sebelum melakukan tindakan dengan hasil post test atau setelah dilakukan tindakan yaitu hasil pre test dengan rata-rata 37,6% dan mengalami peningkatan pada hasil analisis post test yaitu dengan rata-rata 85,4% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa percobaan sifat-sifat air dapat meningkatkan konsep sains anak kelompok B1 TK Mutiara Hati Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konsep Sains, Percobaan Sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:38
Last Modified: 25 Jul 2018 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item