PENGEMBANGAN KOGNITIF BIDANG SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI EKSPERIMEN SAINS SEDERHANA DI PAUD ARRAUDAH DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI TAHUN 2014-2015

AENIAH, ZUHAERATUL (2015) PENGEMBANGAN KOGNITIF BIDANG SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI EKSPERIMEN SAINS SEDERHANA DI PAUD ARRAUDAH DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI TAHUN 2014-2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGEMBANGAN KOGNITIF BIDANG SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI EKSPERIMEN SAINS - ZUHAERATUL AENIAH. NIM. EIF 112 120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya jenis stimulasi pada perkembangan kemampuan kognitif bidang sains anak usia 5-6 tahun di paud Ar raudah Banyumulek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif bidang sains anak melalui eksperimen sains sederhana jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan kemampuan kognitif bidang sains anak pada perkembangan I adalah 55% (kurang baik), pada saat melakukan percobaan sains pertama kalinya kemampuan kognitif anak yang paling berkembang adalah kemampuan anak mengenal nama-nama warna dasar namun kemampuan dalam hal melkukan eksperimen sains scara keseluruhan dan secara benar dan sesuai prosedur tindakan sains belum begitu berkembang dengan baik. Sedangkan pada pengembangan II berkembang menjadi sebesar 79,9%(baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui eksperimen sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif bidang sains anak usia 5-6 tahun di Paud Arraudah Banyumulek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kognitif, sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:26
Last Modified: 23 Jul 2018 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item View Item