PERBEDAAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BUNGSU DAN ANAK SULUNG PADA KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ADAWIAH, RABIATUL (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BUNGSU DAN ANAK SULUNG PADA KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PERBEDAAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK BUNGSU DAN -RABIATUL ADAWEIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Perkembangan sosial masing-masing individu berbeda-beda hal ini dapat dilihat ketika anak sedang bermain atau melakukan kegiatan didalam kelas, sebagian anak cenderung memiliki sikap ingin menang sendiri atau tidak perduli terhadap lingkungan sekitarnya, terkadang juga anak seperti peduli namun tidak bisa menunjukkan sikap sosial yang baik yang sesuai dengan penerapan sosial yang dapat diterima oleh lingkungan sosialnya dan sebagian anak sudah memahami bagaimana menerapkan sikap sosial di lingkungannya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan sosial anak sulung dan anak bungsu serta bagaimana perbedaan perkembangan sosial anak sulung dan anak bungsu pada kelompok usia 5-6 tahun di Tk mutiara hati. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, data yang didapatkan oleh peneliti dipaparkan dalam bentuk kalimatkalimat fakta. Subyek penelitian diambil sebanyak 6 orang anak yang terdiri dari 3 anak sulung dan 3 anak bungsu. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model gregory untuk menganalis intrumen penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial anak sulung berkembang dengan baik, di lihat dari perkembangan sosialnya anak sulung bisa belaku sosial dan menyesuaikan diri serta dapat mengembangkan sosialnya secara matang, baik pada saat anak bermain ataupun belajar sedangkan anak bungsu kurang dapat memahami bagaimana berintraksi sosial yang baik, mereka masih memiliki sikap yang tidak perduli terhadap orang lain, anak sulung kurang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Perbedaan perkembangan sosial anak sulung dan anak bungsu berbeda, anak sulung sudah mampu mengembangkan sosialnya secara baik dan dapat memahami bagaimana sikap sosial yang bisa diterapkan dilingkungannya sehingga ia dapat diterima dilingkungannya sedangkan anak bungsu masih membutuhkan bimbingan dalam mengembangkan sikap sosialnya hal ini dikarenakan anak bungsu kurang memahami bagaimana cara berintraksi sosial yang dapat diterima dilingkungannya. Diharapkan orang tua maupun pendidik lebih memperhatikan perkembangan sosial anak dengan memberikan kegiatan maupun bimbingan yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Sosial, Anak Sulung dan Anak Bungsu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:26
Last Modified: 23 Jul 2018 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6588

Actions (login required)

View Item View Item