PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-IQRA’ MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

YUNITA, LALE EVA (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL-IQRA’ MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A DI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang sangat penting dikembangkan sejak dini. Karena melalui kemampuan berbicara akan mempermudah anak untuk berkomunikasi dengan lingkungannya, selain itu kemampuan berbicara sangat diperlukan anak sejak dini untuk menyampaikan perasaan, keinginan dan pikirannya kepada orang lain. Namun pada kenyataannya masih ada anak yang ditemukan pada Kelompok A TK Al-Iqra‟ yang masih belum lancar berbicara ketika ditanya oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut satu media yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini yaitu media boneka jari. Namun media ini masih jarang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Media boneka jari akan menarik perhatian dan keinginan anak untuk mengembangkan kemampuan berbicara, karena pada umumnya anak sangat menyukai boneka karna memiliki bentuk dan karakter yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah penerapan penggunaan media boneka jari melalui kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak yang belum lancar berbicara pada kelompok A TK Al-Iqra‟ Mataram Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelompok A TK Al-Iqra‟ Tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan enam kali perlakuan pada anak yang kurang lancar berbicara guna mendapatkan data perkembangan kemampuan berbicara anak, menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak yang belum lancar berbicara. Dimana ketika sebelum perlakuan banyak butir indikator yang berkembang kurang baik namun setelah dilakukan perlakuan sebanyak enam kali kemampuan berbicara anak bertahap terus meningkat. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak yang belum lancar berbicara pada kelompok A TK Al-Iqra‟ Mataram dapat berkembang baik apabila anak memperoleh stimulasi dan kesempatan secara rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berbicara, Boneka Jari
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:26
Last Modified: 25 Jul 2018 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6676

Actions (login required)

View Item View Item